Rabu, 28 Juli 2010

HIKMAH SHALAT

Dari goresan emas Dr.Aidh Al-Qarni, REHAT buku LA TAHZAN tentang sholat..
Maklum..Ga tahan kalo ga ngutipin tulisan bagus dari buku yang bagus juga..Hehehe..
Shalat berfungsi untuk membersihkan,menguatkan, melapangkan, menyegarkan, dan memberikan kenikmatan kepada hati. Pada waktu shalat,terdapat hubungan langsung antara hati dan Ruh , di satu sisi, dan Allah di sisi yang lain. Ada kedekatan langsung kepada-Nya. Ada kenikmatan dalam berdzikir kepada-Nya. Ada rasa bangga untuk bermunajat kepada-Nya. Ada maksimalisasi penggunaan anggota badan. Ada waktu sejenak untuk melepaskan diri dari hubungan antara sesama manusia. Ada keterikatan kekuatan hati dan tubuhnya kepada Rabb. Dan,ada waktu untuk melepaskan diri dari musuh musuhnya, sehingga shalat menjadi obat yang paling manjur dan makanan yang hanya bisa dikonsumsi oleh hati yang suci. Sebaliknya, hati yang sakit, tak ubahnya badan, hanya bisa menerima hal-hal materi yang bisa disantap saja.
Shalat adalah jalan terbesar untuk memperoleh kemaslahatan dunia dan akhirat, mencegah dari tindakan dosa, menghalangi tumbuhnya penyakit hati, mengusir penyakit, dan sekaligus mencegah kerusakan dunia dan akhirat. Shalat mencegah manusia untuk melakukan perbuatan dosa dan menjadi obat bagi penyakit-penyakit hati. Dia akan mengusir penyakit dari badan, menjadi penerang bagi hati, membuat wajah ceria tampak lebih bersinar, membuat anggota tubuh dan ruh segar serta penuh vitalitas. Shalat akan banyak mendatangkan rezeki, mencegah kezaliman, menolong orang-orang yang dizalimi, mencegah gempuran syahwat, mampu menjaga nikmat, mengusir bencana, dan mendapatkan rezeki. Shalat akan mendatangkan rahmat,dan menyibakkan mendung kesuntukan.
Wah, ikhwah fillah, ternyata manfaat shalat itu banyak banget ya..Ga cukup deh jari-jari kita yang fana ini bisa menghitung nikmat dibalik shalat..Ga bakal sanggup menghafal kemuliaan-kemuliaan shalat tadi..Pada percaya ga nikmat shalat sebanyak itu?? Pernah membuktikan ga?? Pasti bisa..Asal kita banyak2 beristighfar sebelum shalat dan shalat dengan khusyu..
Masih sering tuh, ana liat saudara-saudara ana yang shalatnya cepet banget.!! Kayak dikejar maling..Padahal shalat itu kalau kita kerjain khusyu dan tuma’ninah ga sampai 15menit kok..Masa kita yang punya waktu 1440 menit sehari, kayaknya beraaaat banget untukmeluangkan waktu 5x15 menit..Sedangkan untuk melakukan hal lain yang belum tentu dapat pahala, kita mau ngabisin waktu 200 menit lebih..Ya ga??
Nah, supaya sholatnya khusyu gimana dong?? Ada dua cara kunci yang paling penting..
1. Pahami arti niat shalat kamu..
“Ushalli fardhu subuhi rak’ataini mustaqbilal kiblati ada’an lillahi ta’ala..”
Artinya : saya berniat shalat wajib subuh 2 rakaat ke arah kiblat sendiri KARENA ALLAH TA’ALA..”
Kalau dari awal aja, dari niat aja, ikhwah fillah udah ga paham dan ga niat memahami, gimana mau khusyu shalatnya.. Entar yang ada niat shalat karna dah KEWAJIBAN, ato niatnya karena DIAJAK TEMEN, bahkan ada yang niatnya SUAPAYA DILIHAT SI DIA..Astaghfirullah..Jangan ikhwah fillah..Kita ne udah gede, udah ngerti mana yang baik mana yang bathil, jangan lagi niatnya karena pengen dapat pahala dan masuk surga..Kedua hal ini pasti kita dapatkan, karena Allah telah menjamin dalam Kalam-Nya,KALAU-JIKA kita ikhlas dan ridho melakukan shalat karena Allah ta’ala..Karena kita hamba yang perlu Allah sebagai Raja yang kita sembah..Ok?? InsyaAllah kita bisa KALAU kita mau..

2. Hapalin arti-arti dari surat yang kamu baca..
Untuk yang ini mungkin sulit kita lakukan, ana aja kadang masih belum punya waktu untuk melakukannya.. Tapi insyaAllah kita bisa karena kekuatan Allah selalu ada disamping kita..Yang paling mendasar adalah menghafal arti surat Al Fatihah, karena surat ini wajib dibaca dalam setiap rakaat bukan?? Ayo menghafal.!! Masa kalah sama ade ana yang masih kelas 4 SD..Ade ana dapat tugas dari gurunya untuk menghafal arti Al Fatihah. Dalam 1 jam, dia bisa hafal lo..Dan Alhamdulillah mampu mengingat artinya setiap dia shalat..

Masa menghafal 8 kalimat aja susah..Lagu barat yang berbait-bait atau rumus matematika yang panjang,banyak lagi, ikhwah fillah bisa.. 8 kalimat?? Ah,keciiillll…..Kan ada kekuatan Allah disamping kita..Ana tungguin 1 jam deh..Mulai dari….”SEKARANG”..

Hem,, udah 1 jam ne..Gimana gimana?? Hafal ga?? Jangan bohong ya..Jangan juga ga nyoba untuk menghafal atau menunda-nundanya..Payah kalian..Bagi yang sudah hafal..Congrat deh.!! Tingkatkan keimananmu..Langkah selanjutnya adalah menghafal arti dari surat-surat pendek seperti An Naas, Al Falaq dan Al Ikhlas..Surat ini mayoritas muslim hafal semua..Kalo ada yang BELUM hafal, hafalin dulu deh..Mumpung belum kiamat..Coba aza arti dari ketiga surat diatas dibikin lagu juga kayak arti surat Al Ashr..Yang lagunya “Demi masa…Sesungguhnya manusia kerugian..”..Wah, pasti cepet hafal deh ikhwah fillah semua..Tapi jangan takut atau patah semangat, kalau ga ada lagunya, ya kita bikin-bikin sendiri aja nada-nadanya gitu..Y ga?? Biar cepet hafal..Sumbang-sumbang dikit gapapa deh..Buat yang udah dapat lagunya, tag ke FB saya ya..Hihihi..

Nah,ikhwah fillah, menghafal arti-arti dari surat-surat diatas bisa menjaga pikiran ikhwah untuk tetap fokus pada shalat yang bisa melahirkan khusyu..Jangan sampai dalam sholat, ketika kita sedang berkomunikasi dengan Sang Maha Pencipta, kalian malah memikirkan hal duniawi..Contohnya: Haduh,,nilai ulangan ana berapa ya?? Atau Dia lagi liatin ana ga ya?? Atau habis ini banyak banget ih tugas yang harus dikerjakan..Malahan ada yang sempat-sempatnya bikin list pekerjaan yang akan dikerjakan sehabis shalat ketika sujud..Walah walah..Ini mah gawat ikhwah..Hiiii..Dosa besar ah..Kita kan udah gede..Malu ama malaikat..

Intinya mulai sekarang, mulai detik,hari, tanggal,jam dan tahun ini kita niatkan untuk memperbaiki shalat kita..Jangan sampai shalat kita gitu2 aja..Nanti kita tidak bisa menikmati nikmat shalat yang banyak tadi di atas..Ya ga??Bagi yang emang ga mau jadi sehat, ga mau ditambahkan rezeki dan ga mau dekat dengan Rabb, gapapa ga usah khusyu sholatnya..Gapapa juga ga didengerin doanya sama Yang Maha Pemberi..
Sekian,jazakillah khoir..
Mohon saranapabila ada penulisan..Afwan jidddan..

2 komentar:

  1. Asw2. ukhti...ana baru baca ur blog...
    mantabbbb... :D

    oia,kenapa niat kita gak boleh "karena pengen dapat pahala dan masuk surga", ukhti???
    bukannya harapan kita smua adalah bertemu dngn Allah swt di surga nanti, salah satu carany dngan mengumpulkan pahala sbnyak mungkin...(???)
    please,help me to understand about it... :)

    BalasHapus
  2. wasw2..af1 rin..baru buka blog.. Itu boleh, karena kan pada awalnya Allah menyruh Rasulullah menyampaikan berita baik dulu baru berita ancaman..Artinya niat awal kita sebagai muslim yang baru mendalami islam sbg ideologi ato buat anak2 kecil yang baru belajar sholat..Bisa supaya dapat pahala, supaya masuk surga..Tapi kalo kita udah dewasa, udah mengerti sirah para shbat Rasulullah. Kita akan ngerti sendiri bahwa pada mereka niatnya mengharap ridho Allah. Karen kan kita yg butuh Allah, kita mengharap Allah ridho dengan ibadah kita.Allah rela tubuh pinjamanNya inikita pake buat ibadah. Kalau kita ga diridhoi Allah didunia ini, semua amal ibdah kita ga ditrima..Tu substansi dasar dari tujuan kehidupan yg paling tinggi, yaitu mengharap ridho Allah. Supaya Allah rela sama pinjaman tubuhNya ini..Berat ya, duh susah rin..Tapi Allah SWT sudah menjamin,kalau Allah ridha dgn smw perbuatan kita, kalau Allah SWT ridho dgn ibadah kita,pasti amal ibadah kita diterima dan dihitung di hari hisab. Jd sbenarnya ada 1 tahapan dulu sebelum cari pahala, yaitu cari ridho Allah dulu..
    Mudah2an bs dimengerti..Af1 belepotan.

    BalasHapus